Tips Bagaimana Memulai Investasi Saham Jangka Panjang?

Baru ingin mulai investasi saham? alangkah baiknya kamu mempelajari beberapa tips beli saham untuk pemula dan tips investasi saham pemula jangka panjang di sini. Investasi saham tidak pernah semudah ini, sekarang kamu bisa mulai berinvestasi walau hanya dengan modal Rp. 100 ribu saja.

Sebelum melakukan investasi tentu kamu harus membuka akun sekuritas terlebih dahulu. Lalu lakukan deposito ke akun sekuritas kamu, sekarang kamu bisa mulai investasi pada perusahaan apa pun. Tinggal pilih saja sahamnya, investasikan jumlah yang kamu inginkan dan selamat! Kamu sekarang sudah menjadi seorang investor.

Tips Investasi Saham Jangka Panjang

Menabung saham merupakan langkah yang tepat untuk kamu ambil jika masih pemula dalam hal investasi. Banyak yang berpikir bahwa menabung saham hanya dapat dilakukan oleh segelintir orang-orang kaya saja.

Namun kenyataannya berbeda, kita bisa berinvestasi dengan nominal yang paling sedikit di bawah 100 ribu rupiah tergantung jenis saham yang akan kamu beli. Jadi bukan alasan lagi untuk kamu tidak melakukan investasi saham sejak dini.

Namun sebelum melakukan investasi saham, ada baiknya jika kamu membaca tips investasi saham jangka panjang karena investasi saham bukan hanya sekedar jual dan beli saham saja melainkan kamu harus mengetahui berbagai faktor yang dapat memengaruhi harga saham yang kamu beli termasuk mengetahui tips beli saham untuk pemula. Berikut ini beberapa cara investasi saham untuk pemula jangka panjang :

  1. Analisa Kondisi Ekonomi

Pada dasarnya kondisi ekonomi dapat memengaruhi harga saham di pasar, hal ini bisa kamu jadikan sebagai indikator penting untuk mengambil sebuah langkah atau tindakan yang tepat ke depannya. Kamu dapat memanfaatkan berbagai informasi dari media berita tentang perekonomian sebuah negara untuk memahami apakah pasar menjadi oversold atau overbought.

  1. Mulai Investasi Sejak Dini

Sejak dini bukan berarti kamu harus melakukan investasi sejak kecil melainkan lakukan investasi sekarang juga atau secepatnya yang kamu bisa, karena semakin lama kamu berinvestasi maka hasil yang didapatkan juga akan semakin besar. Dengan investasi juga akan menjaga aset kekayaan kamu di masa depan.

  1. Adaptasi dan Sabar

Tips investasi saham jangka panjang yang paling penting yaitu dengan melakukan adaptasi secepat mungkin dan perlu kesabaran yang tinggi karena investasi jangka panjang ini memerlukan waktu yang tidak sebentar. Meskipun investasi saham bisa dilakukan dalam jangka waktu yang pendek misalnya satu sampai lima tahun, tetapi hasil yang didapatkan tidak akan maksimal oleh karena itu kamu perlu melakukan adaptasi dan kesabaran yang tinggi untuk menunggu hasil yang maksimal.

  1. Investasikan Kembali Dividen

Perusahaan yang secara konsisten dapat membayar dan menaikkan dividen menunjukkan bahwa perusahaan tersebut cukup stabil secara finansial, oleh karena itu akan lebih baik apabila kamu menginvestasikan kembali dividen yang diperoleh daripada apresiasi harga saham. Meskipun itu nilainya kecil, tapi jika dalam jangka waktu yang panjang akan menghasilkan perbedaan yang besar.

  1. Lakukan Diversifikasi

Maksudnya adalah kamu harus melakukan investasi saham di berbagai sektor perusahaan misalnya sektor perbankan, sektor konsumer, sektor industri dan sebagainya. Selain itu kamu juga bisa melakukan investasi uang terbaik berdasarkan wilayah misalnya di pasar Asia, Eropa, Amerika, dan di beberapa pasar negara berkembang lainnya. Ini bertujuan agar hasil yang kamu dapatkan akan terus berimbang dan saling melengkapi satu sama lain jika terjadi penurunan di salah satu sektor.

Itulah tips beli saham untuk pemula dan tips investasi saham jangka panjang yang perlu kamu pelajari sebelum memulai investasi saham. 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *