Pengertian Investasi dan Manfaat Investasi

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang apa itu invetasi, ketahuilah bahwa investasi adalah kegiatan menempatkan dana pada satu atau lebih jenis aset selama periode tertentu, dengan tujuan untuk memperoleh pendapatan atau meningkatkan nilai.

Secara sederhana, investasi adalah salah satu alat untuk mewujudkan tujuan keuangan kita. Pada dasarnya, tujuan keuangan setiap orang berbeda-beda. Misalnya, seorang berusia 25 tahun memiliki rencana dan tujuan yang berbeda dari orang berusia 50 tahun.

Peer to peer lending di Indonesia adalah fitur untuk memberikan pinjaman secara otomatis yang bertujuan untuk memudahkan pemberi pinjaman tanpa harus menghabiskan waktu mencari peluang pinjaman yang sesuai dengan preferensi mereka.

Apa itu Investasi?

Investasi adalah kegiatan menempatkan modal berupa uang atau harta berharga lainnya ke dalam suatu benda, lembaga, atau pihak dengan harapan penanam modal atau penanam modal akan memperoleh keuntungan setelah jangka waktu tertentu.

Karena harapan mendapatkan keuntungan di masa depan, maka investasi ini disebut dengan investasi. Istilah investasi sendiri berasal dari bahasa Italia, investire yang artinya menggunakan atau menggunakan.

Umumnya dana atau aset yang diinvestasikan oleh seorang investor akan dikembangkan oleh lembaga dan pihak yang mengelolanya. Keuntungan dari pengembangan tersebut akan dibagikan kepada investor sebagai imbalan sesuai dengan ketentuan antara dua belah pihak.

Secara ekonomi, investor akan membeli sesuatu yang tidak akan digunakan sekarang. Sesuatu yang dibeli disimpan sebagai properti yang setelah jangka waktu tertentu dapat berubah nilainya.

Berinvestasi tidak selalu menghasilkan keuntungan. Ada juga resiko kerugian dalam berinvestasi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memahami jenis-jenis investasi dan resikonya.

Apa Manfaat Investasi?

  1. Menghindari Inflasi

Inflasi yang terjadi setiap tahun membuat nilai aset menurun. Dengan berinvestasi, aset juga akan berkembang untuk menghasilkan nilai tambah sehingga dapat mengimbangi momok inflasi.

  1. Meningkatkan nilai uang atau kekayaan

Manfaat dan tujuan investasi ialah untuk meningkatkan nilai kekayaan. bayangkan jika anda mempunyai investasi berupa emas yang harganya setiap tahun naik. Tentunya hal ini akan menjadi sumber penghasilan tambahan untuk menambah aset.

  1. Kebutuhan darurat

Saat Anda mengalami situasi dimana Anda membutuhkan dana untuk suatu kebutuhan, tentunya Anda bisa menggunakan dana atau aset yang sudah Anda investasikan. Tidak perlu repot mencari pinjaman karena masih tertutup dengan investasi.

  1. Persiapkan kebutuhan masa depan

Berinvestasi bisa membantu Anda mempersiapkan modal untuk kebutuhan masa depan. Sebut saja biaya pernikahan, kesehatan, pendidikan anak, dan lain-lain. Melalui investasi, Anda dapat mengatasi kenaikan biaya kebutuhan tersebut.

  1. Mencapai kebebasan finansial

Kebebasan Finansial ialah kondisi di mana Anda mandiri secara finansial. Artinya penghasilan cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

  1. Pensiun lebih siap

Tentu saja seseorang tidak akan bekerja seumur hidup. Jadi dengan investasi Anda bisa mempersiapkan masa depan. Selagi masih muda, persiapkan masa depan dengan baik. Selain menabung, Anda juga dapat berinvestasi dan memanfaatkan efek compounding untuk mempersiapkan dana pensiun.

  1. Melatih dalam pengambilan keputusan

Ada banyak pilihan investasi saat ini, jadi Anda perlu memilih investasi yang tepat. Anda juga harus bisa membuat keputusan keuangan. Berbagai masalah yang akan Anda hadapi akan mengasah kemampuan analisis Anda. Wawasan serta pengetahuan Anda tentang investasi akan meningkat seiring waktu.

  1. Membuka Wawasan

Menjadi seorang investor akan membuat seseorang memiliki banyak relasi, karena mereka akan sering bertanya dan bertukar pikiran mengenai produk investasi apa yang tepat untuk dipilih. secara tidak langsung, wawasan ekonomi serta keuangan akan lebih luas. Tidak menutup kemungkinan, Anda akan menjadi seorang financial planner yang handal.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.