Mengenal Frugal Living: Hidup Hemat dengan Cara yang Tepat

Salah satu konsep yang mengenalkan prioritas adalah frugal living. Ini adalah cara hidup yang memberi tahu Anda agar sadar dalam mengatur keuangan. Kendati demikian, jangan lupa juga untuk memiliki asuransi jiwa terjangkau agar pikiran tetap sehat dan hidup senantiasa tenang. Yuk, mengenal frugal living lebih dalam agar tahu cara mengatur uang!

Mengenal Frugal Living dan Cara Hidupnya

Frugal living berdasarkam situs media Bisnis dan situs media Detik adalah keadaan yang membuat Anda memprioritaskan kebutuhan daripada keinginan. Hal ini juga akan memandu Anda untuk tetap dalam track, sehingga tidak berlebihan dalam mengeluarkan uang. Agar bisa mengaplikasikan frugal living, Anda bisa mengikuti lima cara hidup berikut ini:

1. Tentukan Prioritas

Cara yang pertama adalah menentukan prioritas. Apabila Anda tahu mana yang Anda butuhkan, maka Anda tidak akan membeli barang yang hanya jadi keinginan. Fokus pada hal yang dibutuhkan akan mengurangi kebiasaan berbelanja berlebihan.

Contohnya, demi mencegah sesuatu yang tidak Anda inginkan kedepannya, Anda memprioritaskan pembayaran premi asuransi untuk mempersiapkan biaya perawatan kesehatan di masa depan.

2. Menetapkan Anggaran

Setelah menentukan prioritas, Anda harus menetapkan anggaran yang perlu Anda keluarkan. Sebelum membeli barang yang tidak menjadi prioritas, tetapkan anggaran kebutuhan.

Seperti kebutuhan pribadi, kebutuhan rumah tangga, asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan sebagainya. Jangan sampai mengeluarkan uang melebihi anggaran yang sudah ditetapkan!

3. Menghindari Pembelian Impulsif

Mengenal frugal living berarti Anda juga akan mengurangi pembelian barang secara impulsif. Anda harus tahu bahwa pengeluaran harus Anda fokuskan untuk barang yang dibutuhkan, bukan yang Anda inginkan. Sehingga, apabila Anda telah sadar, maka pembelian impulsif akan berkurang.

4. Manfaatkan Diskon dan Promo

Cara yang keempat adalah memanfaatkan diskon dan promo. Biasanya, tanggal kembar dan hari besar akan menjadi ajang para brand untuk memberi diskon dan promo khusus.

Anda bisa bersabar sedikit lebih lama dan tidak membeli barang kecuali saat diskon dan promo sedang disebar. Harga lebih murah, Anda juga untung dan bisa menghemat pengeluaran. Sehingga, dana untuk premi asuransi Anda tetap aman.

5. Memanfaatkan Barang Bekas

Barang bekas merupakan barang paling berguna yang bisa Anda manfaatkan. Sebagai contoh, apabila Anda memerlukan barang lain, maka Anda bisa menjual barang bekas yang masih layak pakai. Uang yang Anda dapatkan bisa Anda pakai untuk membeli barang yang Anda inginkan.

Sebagai tambahan, membeli barang bekas juga bukan ide yang buruk. Anda bisa membeli barang bekas yang masih layak pakai dengan harga yang lebih murah. Kendati barang telah digunakan, namun kualitasnya juga masih bagus dan bisa Anda manfaatkan dengan baik.

Yuk, Hidup Hemat dengan Frugal Living!

Mengenal frugal living berarti Anda juga akan mengusahakan kebiasaan untuk mengatur pengeluaran dan pemasukan. Anda akan belajar untuk memprioritaskan kebutuhan daripada keinginan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *