5 Bahan Alami yang Berfungsi untuk Obat Flu Bayi

Flu merupakan gejala yang ditimbulkan ketika ada virus bernama influenza menyerang bagian pernapasan atas seperti hidung. Biasanya seseorang akan mengalami firus ini ketika ada kontak dengan virus melalui udara atau benda tertentu. Flu juga sering terjadi pada bayi jadi sangat penting bagi orang tua untuk memahami bahan alami sebagai obat flu bayi, berikut ini.

1. Jahe

Bahan pertama yang bisa digunakan yaitu jahe yang dipotong kecil atau tipis kemudian direbus dan disaring. Air rebusan jahe lalu diberi pemanis, bisa memakai gula aren ataupun gula pasir sesuai dengan keinginan hingga terasa manis. Ramuan ini kemudian bisa diberi pada si kecil 2x sehari sampai flu mereda.

2. Madu

Jika mencari bahan alami yang tidak perlu diolah sebelum diberi pada bayi, ada madu yang juga baik untuk mengatasi flu. Secara alami, madu sudah mengandung senyawa antimikroba yang akan membantu mengatasi virus influenza. Madu baru boleh diberi pada bayi yang sudah berusia lebih dari satu tahun.

3. Teh Herbal

Selanjutnya ada teh herbal yang memang memiliki kandungan antivirus maupun antibakteri secara alami. Beberapa jenis teh yang bisa diberikan pada bayi misalnya teh hijau, teh jahe, dan berbagai seduhan teh yang dicampur madu.

4. Minyak Esensial

Selain bahan di atas, minyak esensial dari berbagai bahan bisa menjadi obat alami dalam mengatasi flu pada bayi. Misalnya saja tea tree oil yang sudah terbukti bisa membantu memperlambat dan melawan infeksi dari virus. Beberapa minyak esensial lain yang juga bisa melawan flu misalnya minyak lemon, peppermint, eukaliptus, maupun minyak oregano.

5. Bunga Belimbing Wuluh

Terakhir ada bunga belimbing wuluh yang mungkin akan sedikit sulit ditemui tetapi sangat ampuh melawan flu. Bahan ini biasanya dicampur dengan berbagai bahan lain seperti misalnya kulit kayu manis dan bawang merah kemudian direbus.

Memberikan obat flu bayi tidak harus melalui obat kimia saja tetapi bisa terlebih dahulu memakai bahan alami. Bahan alami memiliki resiko lebih rendah dan juga baik untuk kesehatan bayi jadi jangan ragu untuk menggunakannya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *